PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK KELAS XI MAN PADA MATERI KOLOID

Wulandari, Ajeng Ria (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK KELAS XI MAN PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_AJENG RIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains peserta didik antara siswa yang mengikuti model problem based learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran 5M, (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik antara siswa yang mengikuti model problem based learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran 5M, (3) mengetahui kategori kualitas keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti model problem based learning, (4) mengetahui kategori kualitas keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Yogyakarta 3 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 143 peserta didik. Desain penelitian kuasi eksperimen adalah posttest-only control design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 57 peserta didik terbagi dalam 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M, (3) Kategori kualitas keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada hampir semua aspek termasuk tinggi, kecuali aspek memprediksi dan menginferensi termasuk sangat tinggi, (4) Kategori kualitas keterampilan proses sains peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M pada hampir semua aspek termasuk tinggi, kecuali aspek memprediksi dan menginferensi termasuk sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Sep 2017 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52900

Actions (login required)

View Item View Item