PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK PASSING VOLI SMA NEGERI 1 GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Setiyono, Sulis (2017) PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK PASSING VOLI SMA NEGERI 1 GAMPING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Sulis Setiyono-136012401003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan teknik dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Gamping sehingga siswa kurang mampu dalam menguasai permainan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan teknik passing bawah ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler yang berjumlah 25 orang. Pengambilan data menggunakan tes dengan instrumen bradday volley ball test. Teknik analisis data menggunakan ujit, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t mendapatkan thitung sebesar 4,850 lebih besar dari ttabel sebesar 1,711 (4,850 > 1,711), sehingga menunjukan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan teknik passing bawah setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan taktik. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 8,27%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan pendekatan taktik terhadap peningkatan kemampuan teknik passing bawah ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan taktik, passing bawah, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52898

Actions (login required)

View Item View Item