PREPARASI DAN SINTESIS NANOMATERIAL GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE LIQUID PHASE EXFOLIATION KOMBINASI BLENDER+SONIFIKASI, BLENDER, DAN SONIFIKASI DENGAN VARIASI WAKTU PENCAMPURAN BAHAN

Jarinda, Wiwid and Dwandaru, WS. Brams (2017) PREPARASI DAN SINTESIS NANOMATERIAL GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR ABU SEKAM PADI MENGGUNAKAN METODE LIQUID PHASE EXFOLIATION KOMBINASI BLENDER+SONIFIKASI, BLENDER, DAN SONIFIKASI DENGAN VARIASI WAKTU PENCAMPURAN BAHAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pencampuran bahan menggunakan blender+sonifikasi terhadap material GO berdasarkan pada hasil karakterisasi UV-Vis, mengetahui pengaruh variasi waktu pencampuran bahan menggunakan blender terhadap material GO berdasarkan hasil karakterisasi UV-Vis, dan mengetahui pengaruh variasi waktu pencampuran bahan menggunakan sonifikasi terhadap material GO berdasarkan hasil karakterisasi UVVis. Penelitian ini menggunakan metode Liquid Phase Exfoliation (LPE). Metode LPE adalah metode fase cair yang menggunakan teknologi surfktan. Penelitian ini dilakukan dengan membuat larutan menggunakan abu sekam padi 2 gram, detergen 0,8 gram, dan air 250 ml. Sampel larutan diberi 3 perlakuan, yaitu blender+sonifikasi, blender, dan sonifikasi. Pada perlakuan blender+sonifikasi dan blender menggunakan blender tanpa pisau yang mesinnya diganti mesin kipas angin. Dari ketiga perlakuan diberi variasi waktu 1 , 2, dan 3 jam. Sampel larutan didiamkan semalam, kemudian material GO dikarakterisasi menggunakan pengujian spektrofotometer UV-Vis. Hasil karaterisasi UV-Vis pada blender+sonifikasi menunjukkan bahwa semakin lama waktu pencampuran bahan maka puncak absorbansi bergeser ke panjang gelombang yang lebih pendek (blueshift). Hal ini dapat dilihat pada waktu 1 jam, 2 jam, dan 3 jam diperoleh masing-masing panjang gelombang 239,5 nm, 237,5 dan 236,5 nm. Pada blender menunjukkan bahwa semakin lama waktu pencampuran bahan maka puncak absorbansi bergeser ke panjang gelombang yang lebih besar (redshift). Hal ini dapat dilihat pada waktu 1 jam, 2 jam, dan 3 jam diperoleh masing-masing panjang gelombang 238 nm, 239 dan 240 nm. Sedangkan pada sonifikasi tidak mengalami perubahan yang signifikan pada nilai panjang gelombang. Dapat dilihat pada waktu 1 jam, 2 jam, dan 3 jam diperoleh masingmasing panjang gelombang 238,5 nm, 238,3 dan 239,5 nm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GO, LPE, blender+sonifikasi, blender, sonifikasi, blender tanpa pisau
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52897

Actions (login required)

View Item View Item