ANALISIS PERTANDINGAN TENIS LAPANGAN DALAM PERMAINAN TUNGGAL ATLET PUTRA DAN PUTRI PADA KEJUARAAN NASIONAL TENIS CBR JUNIOR MINI 2017 DI BOJONEGORO

Perdana, Habib Angga (2017) ANALISIS PERTANDINGAN TENIS LAPANGAN DALAM PERMAINAN TUNGGAL ATLET PUTRA DAN PUTRI PADA KEJUARAAN NASIONAL TENIS CBR JUNIOR MINI 2017 DI BOJONEGORO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah belum banyak diketahui tingkat keberhasilan dalam pukulan tenis lapangan dalam suatu pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan teknik pukulan tenis lapangan dalam permainan tunggal atlet putra dan putri yang mengikuti Kejuaraan Tenis Junior Nasional Christopher Benjamin Rungkat (CBR) Junior Mini 2017.. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana peneliti hanya sampai taraf mengetahui gambaran suatu objek. Penelitian ini menggunakan metode observasi sebagai alat bantu untuk memperoleh data. Pengambilan data peneliti menggunakan alat bantu kamera perekam video dan kamera untuk foto dokumentasi. Penelitian ini menggunakan subyek 14 atlet putra dan 14 atlet putri yang bertanding pada babak semifinal dan final. Penelitian ini dilakukan pada kejuaraan CBR Junior Mini 2017 yang dilangsungkan di kabupaten Bojonegoro. Hasil analisis data pertandingan Kejuaraan Tenis Junior Nasional CBR Junior Mini 2017 menunjukkan bahwa kontribusi terbesar perolehan poin selama pertandingan berlangsung merupakan hasil dari keberhasilan pukulan forehand spin yang dilakukan. Baik pada pertandingan partai tunggal putra maupun putri menunjukkan dominasi forehand spin dalam memberikan nilai dengan perolehan persentase sumbangan poin sebesar 39,27% untuk atlet putra dan sebesar 38,50% tingkat keberhasilan pukulan untuk atlet putri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik pukulan, analisis keberhasilan, forehand spin
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:33
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52896

Actions (login required)

View Item View Item