PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN 5M TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PRACTICAL SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI KIMIASISTEM KOLOID

Wijayanti, Ajeng (2017) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN 5M TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PRACTICAL SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI KIMIASISTEM KOLOID. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_Ajeng Wijayanti_10314244027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik antara siswa yang mengikuti model problem based learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran 5M, (2) mengetahui perbedaan practical skills peserta didik antara siswa yang mengikuti model problem based learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran 5M, (3) mengetahui kategori kualitas practical skills peserta didik yang mengikuti model problem based learning, (4) mengetahui kategori kualitas practical skills peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Al-Azhar 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 46 peserta didik. Desain penelitian kuasi eksperimen adalah posttest-only control design. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh. Sampel berjumlah 46 peserta didik terbagi dalam 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar signifikan antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M, (2) tidak ada perbedaan practical skills signifikan antara peserta didik yang mengikuti model problem based learning dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran 5M, (3) Kategori kualitas practical skills peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada aspek Procedural and Manipulative skills dan Observational Skills termasuk tinggi serta aspek Reporting and Interpretative skills termasuk sangat tinggi, (4) Kategori kualitas practical skills peserta didik yang mengikuti model pembelajaran5M pada aspek Procedural and Manipulative skills, Observational Skills, dan Reporting and Interpretative skills termasuk tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 25 Sep 2017 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52891

Actions (login required)

View Item View Item