SURVEI IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri, Nabilah Rosa (2017) SURVEI IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI nabilah Rosa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya (%) pengimplementasian penanaman sepuluh karakter pada pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru (pendidik) kimia SMA dari 14 SMA di Kabupaten Sleman ditinjau dari hasil angket pendidik dan peserta didik. Sepuluh karakter tersebut, yaitu kejujuran; tanggung jawab; kepedulian; kemandirian; rasa ingin tahu; berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif; percaya diri; cinta ilmu; kedisiplinan; dan menghargai keberagaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sebaga populasi adalah seluruh guru (pendidik) kimia SMA kelas X di Kabupaten Sleman dengan sampel 14 guru (pendidik) kimia dari 14 SMA. Sampel tersebut ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui instrumen angket pendidik, angket peserta didik, observasi, dan wawancara terhadap peserta didik. Data hasil survei dianalisis secara deskriptif kuantitatif dimana data yang didapatkan dideskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase dari penanaman karakter kejujuran; tanggung jawab; kepedulian; kemandirian; rasa ingin tahu; berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif; percaya diri; cinta ilmu; kedisiplinan; dan menghargai keberagaman dalam pembelajaran kimia oleh guru (pendidik) kimia SMA Se-Kabupaten Sleman berdasarkan angket pendidik berturut-turut, yaitu: 94,29% (SB), 93,43% (SB), 92,86% (SB), 91,43% (SB) 89,05% (SB), 82,86% (SB), 91,43% (SB), 91,07% (SB), 91,71% (SB), dan 95,24% (SB). Rerata persentase dari penanaman 10 karakter tersebut berdasarkan angket peserta didik berturut-turut, yaitu: 77,12% (B), 84,75% (SB), 81,02% (SB), 83,42% (SB), 83,78% (SB), 76,83% (B), 81,83% (SB), 77,89 % (B), 78,99% (B), dan 87,75% (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Sep 2017 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52882

Actions (login required)

View Item View Item