SURVEI IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA SEKOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Marhayati, - (2017) SURVEI IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA SEKOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi MARHAYATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya persentase (%) implementasi penanaman sepuluh karakter pada pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru kimia SMA dari 13 SMA di Kota Yogyakarta ditinjau dari hasil angket pendidik dan peserta didik. Adapun sepuluh karakter yang dimaksud, yaitu (1) kejujuran, (2) tanggung jawab, (3) kepedulian, (4) kemandirian, (5) rasa ingin tahu, (6) berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, (7) percaya diri, (8) cinta ilmu, (9) kedisiplinan, dan (10) menghargai keberagaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang populasinya adalah seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Yogyakarta dengan sampel 13 SMA di Kota Yogyakarta serta subjeknya yaitu 13 guru kimia kelas X dari 13 SMA di Kota Yogyakarta yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diambil melalui angket pendidik dan peserta didik, observasi, dan wawancara dengan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase penanaman karakter (1) kejujuran, (2) tanggung jawab, (3) kepedulian, (4) kemandirian, (5) rasa ingin tahu, (6) berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, (7) percaya diri, (8) cinta ilmu, (9) kedisiplinan, dan (10) menghargai keberagaman dalam pembelajaran kimia oleh guru kimia SMA sekota Yogyakarta berdasarkan angket pendidik berturut-turut, yaitu 91,21% (SB), 92,62% (SB), 91,95 (SB), 88,46% (SB), 91,28% (SB), 84,62% (SB), 88,46% (SB), 88,46% (SB), 88,92% (SB), dan 91,28% (SB). Berdasarkan angket peserta didik, rerata persentase dari penanaman kesepuluh karakter tersebut berturut-turut sebesar 81,34% (SB), 86,06% (SB), 81,32% (SB), 84,15% (SB), 85,24% (SB), 79,30% (B), 84,36% (SB), 81,95% (SB), 81,09% (SB), dan 86,64% (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Sep 2017 06:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52881

Actions (login required)

View Item View Item