PENGEMBANGAN BUKU BACAAN TENTANG TOKOH-TOKOH KIMIA BERKARAKTER MENGAGUMKAN SEBAGAI PENGETAHUAN TAMBAHAN BAGI SISWA SMA

Nurzikri Z, - (2017) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN TENTANG TOKOH-TOKOH KIMIA BERKARAKTER MENGAGUMKAN SEBAGAI PENGETAHUAN TAMBAHAN BAGI SISWA SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Nurzikri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku bacaan tentang tokohtokoh kimia merkarakter mengagumkan sebagai pengetahuan tambahan bagi siswa SMA dan menentukan kualitas buku bacaan yang dihasilkan berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA sebagai reviewer ditinjau dari komponen standar buku nonteks pelajaran yang meliputi kelayakan materi, penyajian, bahasa dan gambar, isi dan penampilan buku bacaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural meliputi lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian produk, dan analisis data. Buku Bacaan yang disusun memuat 11 tokoh-tokoh kimia berkarakter mengagumkan. Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer dan 1 ahli materi sekaligus ahli media pembelajaran. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimia SMA. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang terdiri dari 40 kriteria. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku bacaan tentang tokoh-tokoh kimia berkarakter mengagumkan. Buku yang dikembangkan memperoleh skor akhir rata-rata ( ̅) sebesar 177, skor ini lebih besar daripada skor ideal (168). Produk akhir memperoleh kategori kualitas sangat baik (SB). Oleh karena itu, Buku bacaan ini layak digunakan sebagai sumber pengetahuan tambahan bagi siswa SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Sep 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52880

Actions (login required)

View Item View Item