PEMBELAJARAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK TEMPEL (KOLASE) DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL KALANGAN KULON PROGO

Setya Gama, Mega (2017) PEMBELAJARAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK TEMPEL (KOLASE) DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL KALANGAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS MEGA SETYA GAMA.PDF
Restricted to Repository staff only until 22 September 2018.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan persiapan pembelajaran kreativitas melalui teknik tempel (kolase) di TK ABA Kalangan Kulon Progo, (2) mendeskrisikan pelaksanaan pembelajaran kreativitas melalui teknik tempel (kolase) di TK ABA Kalangan Kulon Progo, (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran pembelajaran kreativitas melalui teknik tempel (kolase) di TK ABA Kalangan Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu instrumen pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data data adalah triangulasi sumber. Tahapan analisis data penelitian yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Persiapan mencakup persiapan materi yang berbentuk RKM, RKH, penentuan tema dan persiapan bahan dan alat. Bahan antara lain kertas bekas, majalah bekas, lem kertas, daun kering, daun hijau, lidi, kertas kado bekas, dan kertas manila ukuran A4, sedangkan alatnya adalah gunting. Temanya adalah “pekerjaan” dan sub temanya adalah Petani. Pelaksanaan pembelajaran kreativitas melalui teknik tempel (kolase) antara lain: (1) Peserta didik dijelaskan guru dengan cara mengenalkan alat dan bahan yang akan digunakan; (2) Peserta didik diberikan cerita yang sesuai dengan tema yang akan digambar oleh guru; (3) Peserta didik melihat contoh kolase yang didemonstrasikan dan dilanjutkan dengan melihat video kolase yang ditayangkan melalui laptop oleh guru; (4) Peserta didik masing-masing dibagikan bahan dan alat; (5) Peserta didik masing- masing memulai memotong bahan material untuk menggambar apa yang mereka lihat dan pikirkan ketika berada di sawah; (6) Peserta didik memulai mengelem bahan material lalu menempelkan bahan material tersebut di atas kertas manila yang berukuran A4; (7) Peserta didik mampu berimajinasi dan menceritakan kembali apa yang telah mereka kerjakan. Hasil karya peserta didik dalam pembelajaran menggambar dengan teknik kolase berjumlah 11 karya dari 15 peserta didik, 4 murid pada saat pelaksanaan pembelajaran tidak berangkat karena kondisi cuaca sangat buruk. Dari hasil akhir penilaian oleh Guru, Pakar Ahli I dan Pakar Ahli II maka hasilnya adalah 6 siswa mendapat nilai bintang empat dan 5 siswa mendapat bintang tiga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52876

Actions (login required)

View Item View Item