KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA RETARDASI MENTAL KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Noviyati, Vina Tri (2017) KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA RETARDASI MENTAL KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
VINA TRI NOVIYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal siswa retardasi mental kelas II SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Kecerdasan interpersonal yang dimaksud meliputi membaca isyarat sosial, empati, dan mengekspresikan emosi siswa retardasi mental dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa retardasi mental kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan interpersonal siswa retardasi mental sebagai berikut: (1) tingkat hubungan sosial yang rendah (2) memiliki rasa empati yang tinggi dengan orang lain. (3) kemampuan memahami bahasa lisan dan tulisan yang tergolong rendah serta perbendaharaan kata terbatas. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, retardasi mental

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52872

Actions (login required)

View Item View Item