Evaluasi Manajemen Laboratorium Biologi di SMA Negeri 8 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Purwasih, Niken Syaroh (2017) Evaluasi Manajemen Laboratorium Biologi di SMA Negeri 8 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-niken syaroh-purwasih-15703251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ketercapaian program manajemen laboratorium biologi, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam jalannya manajemen laboratorium biologi, dan (3) kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium biologi di SMA N 8 Yogyakarta dan SMA Muh. 1 Yogyakarta. Penelitian evaluasi ini mengacu pada evaluasi yang dikembangkan oleh Provus (1971) yaitu model evaluasi discrepancy. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek peneltian terdiri dari populasi yaitu dua kepala sekolah, enam guru biologi, dua laboran biologi, dan 1025 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa MIA kelas X dan XI berjumlah 288 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, serta daftar cek untuk analisis dokumen, sarana dan prasarana. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laboratorium pada kedua sekolah berdasarkan hasil uji kategorisasi yaitu menurut kepala sekolah dan guru manajemen laboratorium biologi berkategori “baik”, sedangkan menurut laboran SMA N 8 berkategori “cukup baik” dan menurut laboran SMA Muh. 1 berkategori “baik”. Kategorisasi siswa keseluruhan menghasilkan 88,2% “baik” dan 11,8% “cukup baik”. Faktor pendukung pada kedua sekolah ini adalah terealisasinya tugas yang dilaksanakan oleh pihak yang terlibat dalam manajemen laboratorium. Faktor penghambat pada SMA N 8 sekolah ini adalah kurangnya fasilitas ruangan pendukungdan terbatasnya pengetahuan laboran mengenai laboratorium biologi, karena tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya sehingga mengakibatkan administrasi di laboratorium kurang lengkap, sedangkan faktor penghambat di SMA Muh. 1 adalah kurangnya fasilitas ruangan pendukung. Sarana dan prasarana pada kedua sekolah, sebagian besar sudah memenuhi persyaratan berdasarkan Permendiknas no. 24 tahun 2007.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, manajemen, dan laboratorium biologi.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:20
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52870

Actions (login required)

View Item View Item