PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Ratna Sulistyowati, Werdiningsih (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ratna Sulistyowati Werdiningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep siswa dengan menerapka teori Van Hiele pada materi bangun ruang siswa kelas V SDN 1 Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Sedayu berjumlah 26 siswa. Desain dalam penelitian adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari plan, act, observe and reflect. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif persentase dan deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan (1) penerapan teori Van Hiele dalam materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar konsep siswa kelas V SDN 1 Sedayu baik dari proses maupun hasil melalui fase fase dari teori Van Hiele. (2) Penerapan teori Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari kondisi awal dengan jumlah siswa yang mencapai KKM saat pra tindakan sebesar 19,2% mulai meningkat pada siklus I menjadi 61,5% siswa dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 73,1% siswa yang mencapai nilai KKM. Kata kunci: teori Van Hiele, hasil belajar konsep bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52867

Actions (login required)

View Item View Item