LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

WIWIN PUJI ASTUTI, WIWIN PUJI ASTUTI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program kegiatan latihan kependidikan yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran.Pembekalan pengajaran mikro dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro dan praktek pembelajaran disekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (Real teaching) di sekolah dalam program PPL. Praktek mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata Pelajaran masing-masing. Pelaksanaan kegiatan PPL di laksanakan di SMP Negeri 2 Tempel, yang berlokasi di Jl. Balangan, Banyurejo, Tempal, Sleman, Yogyakarta.. Kegiatan PPL ini berlangsung selama 8 minggu, terhitung dari tanggal 15 Juli sampai tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya, berbagai program kegiatan PPL telah berhasil dilaksanakan, kegiatan tersebut diantaranya praktik mengajar, piket guru, konsultasi dengan guru pembimbing, menyusun dan mengoreksi soal, tugas dan ulangan harian, konsultasi dengan DPL PPL, pembuatan laporan PPL, dan upacara bendera. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan membawa manfaat bagi mahasiswa PPL, manfaat itu diantaranya memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, PPL juga bermanfaat dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah serta untuk menerapkan berbagai ilmu pengetahuan yang dikuasainya secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Sehingga melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan berbagai kompetensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan, Pelaksanaan, Manfaat PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52866

Actions (login required)

View Item View Item