UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS VB SD NEGERI SOMPOKAN

Ardiyanto, Ferri (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS VB SD NEGERI SOMPOKAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ferri Ardiyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri Sompokan dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah 18 orang siswa kelas VB SD Negeri Sompokan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket motivasi belajar matematika, tes pilihan ganda, dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan CTL. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran matematika mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa. Pada pratindakan, seluruh siswa belum tuntas KKM menjadi 11 siswa (61,11%) tuntas KKM pada siklus I dan menjadi 12 siswa (66,67%) tuntas KKM pada siklus II. Adapun pada siklus III, siswa yang tuntas KKM menjadi 15 siswa (83,33%). Di samping itu, berdasarkan hasil angket motivasi, jumlah siswa yang mempunyai motivasi tinggi atau sangat tinggi ialah 15 siswa (83,33%) pada pratindakan dan siklus I, 14 siswa (77,78%) pada siklus II, dan meningkat menjadi 16 siswa (88,89%) pada siklus III. Kata kunci: pemahaman, motivasi belajar, matematika, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52865

Actions (login required)

View Item View Item