KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Nur, Arifah (2017) KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Nur Arifah_13111241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik yang terdiri dari sepuluh sub kompetensi di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala dengan 2 alternatif jawaban, terdiri atas 37 butir pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian sampel jenuh dimana sampel dalam penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 95 guru. Kinerja guru dalam pelaksanaan kompetensi pedagogik yang dinilai dari sepuluh sub kompetensi di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Jawa Tengah bahwa 4 sub kompetensi pedagogik pada predikat sangat baik, 3 sub kompetensi pada predikat baik, dan 3 sub kompetensi pada predikat cukup baik dengan hasil masing-masing persentase kinerja dalam pelaksanaan kompetensi mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik (94,50%), menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat (97,9%), merancang kegiatan pengembangan berdasarkan kurikulum (54,9%), menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik (91,7%), memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik (46,3%), mengembangkan potensi untuk pengaktualisasian diri (71,9%), berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun (100%), menyelenggarakan dan membuat laporan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar (67,4%), menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan (74,7%), melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pengembangan (58,6%). Kata kunci: kinerja, guru, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52863

Actions (login required)

View Item View Item