Penerapan Model Project Based Learning Materi Asam dan Basa terhadap Practical Skill dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMA/MA.

Utami, Gamilla Nuri (2017) Penerapan Model Project Based Learning Materi Asam dan Basa terhadap Practical Skill dan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gamilla-nuri-utami-15728251010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan penerapan model project based learning dengan model direct instruction pada pembelajaran kimia materi asam dan basa terhadap practical skill dan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA/MA yang setara dengan MAN 3 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik diterapkan pembelajaran menggunakan model project based learning, sedangkan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik diterapkan pembelajaran menggunakan model direct instruction. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes yang berupa soal uraian digunakan untuk mengukur literasi sains peserta didik. Nontes yang berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur practical skill peserta didik. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model project based learning dengan model direct instruction pada pembelajaran kimia materi asam dan basa terhadap practical skill dan literasi sains peserta didik baik secara keseluruhan maupun parsial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: project based learning, practical skill, literasi sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:52
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52861

Actions (login required)

View Item View Item