Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis.

Yulianto, Rattiwizal Alpin (2017) Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rattiwizal-alpin-yulianto-15726251029.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan android yang layak untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan kemampuan kolaborasi siswa SMA, dan (2) menguji keefektifan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan android dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan kemampuan kolaborasi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D yaitu: (1) define (analisis kebutuhan), (2) design (perancangan perangkat, tes/angket, dan media), (3) develop (penilaian perangkat dan produk, uji empiris dan revisi), dan (4) desseminate (penyebaran produk akhir). Produk perangkat pembelajaran PhyCCTM berbantuan android yang di kembangkan terdiri dari silabus, RPP, PhyCCTM berbantuan android. Subjek uji terbatas dilakukan pada 100 siswa yang tersebar di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Temon dan SMA Negeri Galur. Subjek uji luas terdiri dari 139 siswa kelas eksperimen dan 135 siswa kelas kontrol yang tersebar di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Banguntapan, SMA Negeri 2 Banguntapan, SMA Negeri 1 Sewon, SMA Negeri 1 Srandakan, dan SMA Negeri Lendah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar respon siswa terhadap materi ajar, media ajar, dan proses pembelajaran, lembar soal tes HOTS, lembar angket kemampuan kolaborasi dan lembar observasi kemampuan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar PhyCCTM berbantuan android : (1) layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan kemampuan kolaborasi dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli, guru fisika dan respon siswa, (2) dapat meningkatkan HOTS dan kemampuan kolaborasi secara signifikan berdasarkan analisis effect size dengan nilai f= 0,125 terhadap HOTS dan f = 0,207 terhadap kemampuan kolaborasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Physics Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan android, Higher Order Thinking Skill (HOTS), kemampuan kolaborasi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:16
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52857

Actions (login required)

View Item View Item