PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI

Mahsunah, Ida Siti and Waryanto, Nur Hadi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
01 HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software Construct 2 pada materi trigonometri, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri untuk siswa SMA Kelas X dalam bentuk aplikasi android. Pengembangan aplikasi tersebut menggunakan model pengembangan media pembelajaran DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate). Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui empat tahap pengembangan. Tahap pertama adalah pengambilan keputusan yang meliputi penentuan jenis software, harware, dan judul media. Tahap kedua adalah pembuatan desain yang meliputi analisis materi, pembuatan flowchart, storyboard, dan instrumen penelitian berupa angket evaluasi untuk ahli materi, ahli media, dan guru matematika, angket respon siswa, dan RPP. Tahap ketiga adalah pengembangan media yang meliputi pengumpulan dan pembuatan elemen-elemen yang dibutuhkan dilanjutkan dengan pembuatan media dengan software Construct 2. Tahap keempat adalah evaluasi yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap sebelum media diujicobakan kepada siswa yang dilakukan oleh ahli media dan ahli mater, dan tahap setelah media diujicobakan kepada siswa yang dilakukan oleh siswa dan guru matematika. (2) Kualitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, dan guru matematika termasuk dalam kategori “baik” dengan peroleh skor rata-rata secara berutur-turut adalah 4,08, 3,96, dan 4,04 dari skor maksimal 5. (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori “positif” dengan persentase rata-rata total adalah 79,23% dan perolehan penilaian “baik” sebesar 56,96%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, pembelajaran matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 27 Sep 2017 05:58
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52856

Actions (login required)

View Item View Item