Mahsunah, Ida Siti and Waryanto, Nur Hadi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
![]() |
Text
01 HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
02 BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
03 BAB II.pdf Download (879kB) | Preview |
|
|
Text
04 BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
|
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software Construct 2 pada materi trigonometri, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri untuk siswa SMA Kelas X dalam bentuk aplikasi android. Pengembangan aplikasi tersebut menggunakan model pengembangan media pembelajaran DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate). Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui empat tahap pengembangan. Tahap pertama adalah pengambilan keputusan yang meliputi penentuan jenis software, harware, dan judul media. Tahap kedua adalah pembuatan desain yang meliputi analisis materi, pembuatan flowchart, storyboard, dan instrumen penelitian berupa angket evaluasi untuk ahli materi, ahli media, dan guru matematika, angket respon siswa, dan RPP. Tahap ketiga adalah pengembangan media yang meliputi pengumpulan dan pembuatan elemen-elemen yang dibutuhkan dilanjutkan dengan pembuatan media dengan software Construct 2. Tahap keempat adalah evaluasi yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap sebelum media diujicobakan kepada siswa yang dilakukan oleh ahli media dan ahli mater, dan tahap setelah media diujicobakan kepada siswa yang dilakukan oleh siswa dan guru matematika. (2) Kualitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, dan guru matematika termasuk dalam kategori “baik” dengan peroleh skor rata-rata secara berutur-turut adalah 4,08, 3,96, dan 4,04 dari skor maksimal 5. (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori “positif” dengan persentase rata-rata total adalah 79,23% dan perolehan penilaian “baik” sebesar 56,96%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, pembelajaran matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 05:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |