PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI GERAK HARMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Sulaiman, Hadiid and Jumadi, Jumadi (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI GERAK HARMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HADIID SULAIMAN_13302244011_PENDIDIKAN FISIKA.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran project based learning pada materi gerak harmonis yang layak untuk pembelajaran materi gerak harmonik peserta didik kelas X SMA (2) Mengetahui peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis project based learning (3) Mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik fisika bagi peserta didik kelas X, yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Wates tahun ajaran 2016/2017. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall. Kelas yang digunakan untuk subyek yaitu peserta didik kelas X MIA 2. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterampilan proses untuk memperoleh penilaian keterampilan proses dan lembar pretest-posttest untuk mengetahui penguasaan materi kognitif. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis model pembelajaran project based learning pada materi gerak harrmonik layak digunakan untuk pembelajaran di SMA. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli dan validator praktisi, bahwa rerata nilai validasi LKPD dari seluruh aspek dalam kategori sangat baik. (2) Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada beberapa aspek mengalami peningkatan dengan gain rendah yaitu mendesain dan merancang, menyimpulkan dan mengkomunikasikan berdasarkan nilai gain yang diperoleh. Sedangkan berdasarkan GLM, aspek yang mengalami peningkatan adalah aspek mendesain dan merancang, melakukan eksperimen, mengamati, menginterpretasi data. (3) Peningkatan penguasaan materi peserta didik berdasarkan nilai standar gain dari pretest-posttest sebesar 0,55 dalam kategori sedang dan presentase ketuntasan peserta didik sebesar 50%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, keterampilan proses, project based learning, penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Sep 2017 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52853

Actions (login required)

View Item View Item