Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester Genap Berbasis Inquiry Setting Group Investigation Berorientasi pada Minat, Kemampuaan Berpikir Reflektif dan Prestasi Belajar Siswa.

Silviani, Tri Rahmah (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester Genap Berbasis Inquiry Setting Group Investigation Berorientasi pada Minat, Kemampuaan Berpikir Reflektif dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-rahmah-silviani-15709251035.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry setting group investigation berorientasi pada minat, kemampuan berpikir reflektif, dan prestasi belajar siswa, dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry setting group investigation berorientasi pada minat, kemampuan berpikir reflektif, dan prestasi belajar siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) studi pendahuluan mencakup analisis kebutuhan dan situasi; (2) tahap perancangan dan pengembangan prototype; (3) tahap penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) lembar validasi RPP dan LKS; (2) lembar penilaian kepraktisan dari guru dan siswa; (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (4) angket minat; dan (5) tes kemampuan berpikir reflektif dan prestasi belajar. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa kelas VII.G dan VII.BL 2 MTsN 1 Kota Bima. Analisis rata-rata dilakukan dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry setting group investigation berorientasi pada minat, kemampuan berpikir reflektif, dan prestasi belajar siswa memiliki karakteristik: (1) mengidentifikasi masalah; (2) merumuskan hipotesis; (3) merencanakan penyelidikan; (4) melakukan penyelidikan; (5) menguji hipotesis; (6) menarik kesimpulan; (7) menyiapkan laporan akhir; (8) mempresentasikan laporan; dan (9) mengevaluasi kesimpulan. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid. Hasil penilaian kepraktisan dari guru dan siswa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran terlaksana 95%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran efektif, yang ditunjukkan dengan rata-rata minat siswa 97,87 dengan kategori baik, persentase ketuntasan kemampuan berpikir reflektif siswa 87%, persentase ketuntasan prestasi belajar siswa 86%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, inquiry setting group investigation, minat, kemampuan berpikir reflektif, prestasi belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:52
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52852

Actions (login required)

View Item View Item