Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri di Kabupaten Sleman.

Septiana, Yolandaru (2017) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yolandaru-septiana-15701251028.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas penyelenggaraan praktik kerja industri (prakerin) yang mencakup: persiapan, pelaksanaan, dan hasil prakerin untuk kompetensi keahlian akuntansi SMK negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi discrepancy. Objek penelitian ini adalah penyelenggaraan program prakerin yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan hasil prakerin. Sumber informasi penelitian ini adalah tim prakerin, peserta didik, dan pihak dunia usaha/dunia industri (DU/DI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara, yang sudah divalidasi dengan teknik expert judgment dan formula Aiken’s V. Validitas konstruk angket dihitung dengan teknik analisis faktor eksploratori dan reliabilitasnya diestimasi dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan data dari tiap-tiap komponen atau variabel yang dievaluasi, sedangkan teknik deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil data penelitian secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menurut 38,6% guru dan 13,3% peserta didik menyatakan persiapan prakerin yang meliputi persiapan tim prakerin, persiapan peserta didik dan persiapan sarana dan prasarana termasuk kategori sangat baik, kemudian menurut 59,1% guru dan 47,8% peserta didik menyatakan persiapan prakerin termasuk kategori baik.(2) Menurut 36,4% guru dan 8,9% peserta didik menyatakan pelaksanaan prakerin sangat baik, kemudian menurut 63,3% guru dan 63,9% peserta didik menyatakan pelaksanaan prakerin baik. (3) Menurut 34,1% guru dan 68,9% peserta didik menyatakan hasil prakerin yang terdiri dari manfaat pelaksanaan prakerin dan hasil lulusan pelaksanaan prakerin bagi sekolah dan DU/DI tergolong sangat baik, kemudian menurut 52,3% guru dan 25% peserta didik menyatakan hasil prakerin tergolong baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program prakerin kompetensi keahlian akuntansi SMK negeri di Kabupaten Sleman dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, prakerin, akuntansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:26
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52851

Actions (login required)

View Item View Item