Pengaruh Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wolowaru, NTT.

Wangge, Magdalena (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wolowaru, NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-magdalena-wangge-157009251053.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah, self efficacy, dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Wolowaru, NTT. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest beracak. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen (pembelajaran berbasis HOTS) dan satu kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wolowaru, NTT sebanyak tiga kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah itu dilanjutkan dengan uji univariat independent sample t-test untuk melihat apakah pembelajaran berbasis HOTS lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika berbasis HOTS digunakan one sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis HOTS memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, self efficacy, dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis HOTS, kemampuan pemecahan masalah, self efficacy, prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:07
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52849

Actions (login required)

View Item View Item