Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Materi Larutan Asam – Basa Menggunakan Model PBL dan 5 M Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA.

Jundu, Ricardus (2017) Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Materi Larutan Asam – Basa Menggunakan Model PBL dan 5 M Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ricardus-jundu-15728251026.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran dengan model PBL dan pembelajaran 5 M materi asam – basa ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Setia Bakti Ruteng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas XI IPA SMA Setia Bakti Ruteng. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model PBL dan kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran 5 M. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pemahaman konsep diukur menggunakan tes uraian dan kemampuan pemecahan masalah diukur dengan analisis jawaban hasil tes uraian pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan efektivitas antara pembelajaran dengan model PBL dan pembelajaran 5 M ditinjau dari pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Setia Bakti Ruteng. (2) Ada perbedaan yang signifikan efektivitas antara pembelajaran dengan model PBL dan pembelajaran 5 M ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Setia Bakti Ruteng. (3) Ada perbedaan yang signifikan efektivitas antara pembelajaran dengan model PBL dan pembelajaran 5 M ditinjau dari pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Setia Bakti Ruteng.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Model PBL, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2017 01:49
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52848

Actions (login required)

View Item View Item