Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Ama, Heronimus Dappa (2017) Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heronimus-dappa-ama-15717251038.swf

Download (7MB)
[img] Text
tesis-heronimus-halaman-depan.swf

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh antara kepemimpinan dan kemampuan manajerial secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAUD di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kepala sekolah TK di Sumba Barat Daya yang berjumlah 57 orang dan sampel guru 57 orang. Guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah yang telah mengajar di TK yang bersangkutan sekurang-kurangnya 5 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai sebesar 4,045 atau nilai signifikansi ˃ 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai sebesar 3,693 atau nilai signifikansi ˃ 0,05. (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kepemimpinan dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 18, 850 dengan nilai р value adalah 0,000 (˂ 0,05), dan nilai koefesien R2 sebesar 41,1% dengan persamaan regresi yaitu Ỳ = 18.850 + 4.045X1 + 3.693X2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Sep 2017 01:36
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52845

Actions (login required)

View Item View Item