Analisis Praktik Kerja Industri Program Keahlian Pemesinan dengan Metode Servqual, Kano Model dan Quality Function Deployment di SMK Negeri 2 Klaten.

Devi, Fauziah Amalia (2017) Analisis Praktik Kerja Industri Program Keahlian Pemesinan dengan Metode Servqual, Kano Model dan Quality Function Deployment di SMK Negeri 2 Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fauziah-amalia-devi-15722251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi nyata penerapan pelaksanaan prakerin di SMK Negeri 2 Klaten, (2) tingkat kesenjangan antara kualitas pelaksanaan yang dipersepsikan dengan kualitas pelaksanaan praktik industri yang diharapkan, (3) atribut kepentingan yang dibutuhkan dalam peningkatan kualitas pelaksanaan praktik industri, dan (4) prioritas yang perlu dilakukan manajemen sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan praktik industri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah dengan Servqual, Kano Model dan Quality Function Deployment. Subjek penelitian adalah 45 orang siswa, 24 orang guru dan 20 industri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan uji validitas menggunakan validitas bivariate pearson serta expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi nyata pelaksanaan prakerin masih berada dibawah nilai harapan (nilai kepentingan). Tingkat kesenjangan pada dimensi tangibles sebesar -0,47, reliability sebesar -0,51, responsiveness sebesar -0,57, assurance sebesar -0,44 dan empathy sebesar -0,20. Semua atribut kepentingan dibutuhkan dalam peningkatan kualitas pelaksanaan praktik industri karena semua atribut memiliki gap. Prioritas yang perlu dilakukan manajemen sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan praktik industri adalah (1) menyediakan sarana dan prasarana untuk peserta prakerin (2) menentukan standar kelayakan perusahaan tempat prakerin (3) pembekalan moral untuk peserta prakerin (4) menentukan tugas dan kewajiban guru pembimbing (5) Standar operasi prosedur pra pelaksanaan prakerin, (6) menentukan standar kegiatan peserta prakerin (7) membuat kebijakan seragam prakerin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Jasa Pendidikan, Kepuasan Pelanggan, Pendidikan Kejuruan, House of Quality
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:06
Last Modified: 29 Jan 2019 12:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52839

Actions (login required)

View Item View Item