Mawardy, Teguh (2017) Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Fisika Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat (S-T-M) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Aplikasi Konsep Siswa SMK. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-teguh-mawardy-11708251001.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan Lembar Kerja Praktikum Fisika berbasis sains-teknologi-masyarakat yang layak untuk pembelajaran di SMK, (2) untuk meningkatkan kemandirian siswa, (3) meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan konsep fisika, dan (4) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dari kemandirian belajar dan aplikasi konsep pada pembelajaran dengan LKPF berbasis S-T-M dan LKPF berbasis konvensional. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: define, design, develop, and disseminate. Subjek uji coba adalah kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, lembar observasi guru, dan angket respon guru. Teknik untuk uji beda antara dua varian menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPF yang dikembangkan ditinjau dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan teman sejawat berkatagori “ sangat baik”. Penerapan LKPF pada proses pembelajaran di SMK telah dapat meningkatkan kemandirian belajar dan meningkatkan kemampuan aplikasi konsep fisika yang diterapkan di kehidupan sehari-hari serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar dan aplikasi konsep pada pembelajaran dengan LKPF berbasis S-T-M dan LKPF berbasis konvensional.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lembar kerja praktikum fisika, kemandirian, aplikasi konsep |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 03:38 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |