PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES ROULETTE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN

Raras Sakti, Winda and Subronto, Subronto and Sumarna, Sumarna (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES ROULETTE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDA RARAS SAKTI LENGKAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media ge-roul yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika pada peserta didik kelas X MIPA, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) model 4-D. Adapun tahapannya adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian terdiri atas 8 siswa kelas X MIPA 1 dan 28 siswa X MIPA 5 di SMA N 1 Prambanan Klaten. Telaah dan penilaian instrumen diperoleh dari dosen dan guru fisika. Hasil telaah media dianalisis menggunakan penilaian simpangan baku ideal (SBi), sedangkan analisis validitas isi instrumen penelitian menggunakan Aiken’s V. Instrumen diujicobakan dengan melibatkan 8 peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan QUEST untuk mendapatkan fit model. Data hasil pengukuran motivasi dan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan normalized gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media ge-roul hasil pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls bagi peserta didik kelas X MIPA berdasarkan analisis data hasil penelitian mempunyai nilai simpangan baku ideal sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik serta berdasarkan analisis QUEST media ge-roul mempunyai kriteria valid dan cukup reliabel, (2) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gain berada pada rentang 0,3-0,7 dan (3) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gain berada pada rentang 0,3-0,7.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar fisika, media ge-roul, motivasi belajar fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52834

Actions (login required)

View Item View Item