Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Role-Playing Games (RPG) pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII.

Shofa, Hilyatush (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Role-Playing Games (RPG) pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hilyatush-shofa-15707251020.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis RPG pada materi lingkaran untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui efektivitas produk tersebut dalam meningkatkan pemahaman konsep, dan (3) mengetahui efektivitas produk tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip yang meliputi tiga tahap: perencanaan, perancangan, dan pengembangan. Pada keseluruhan tahap tersebut, evaluasi berkelanjutan dilaksanakan untuk memantau kualitas produk yang dikembangkan. Uji kelayakan produk dilakukan dalam dua tahap, yaitu uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Uji beta 1 dilakukan 12 siswa kelas VIII E MTs Negeri Kaliangkrik, dan uji beta 2 dilakukan oleh 40 siswa kelas VIII A MTs Negeri Kaliangkrik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, skala, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran berbasis RPG pada materi lingkaran untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian sangat baik yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon sangat positif yang diberikan oleh siswa; (2) produk tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, berdasarkan perolehan nilai gain sebesar 0,57; dan (3) produk tersebut efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, berdasarkan peningkatan rata-rata skor skala motivasi sebelum dan sesudah penggunaan produk sebesar 1,86%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, game, RPG, lingkaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 12:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52833

Actions (login required)

View Item View Item