Implementasi Lima Nilai Karakter pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta.

Kristianingsih, Kristianingsih (2017) Implementasi Lima Nilai Karakter pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kristianingsih-15717251029.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji lebih dalam dan mendeskripsikan tentang implementasi lima nilai karakter pada anak usia 4-6 tahun di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta. (2) mengkaji lebih dalam dan mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat implementasi lima nilai karakter pada anak usia 4-6 tahun di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Objek penelitian ini adalah implmentasi lima nilai karakter di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dan dibantu dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sesuai dengan pendekatan fenomenologis yang terdiri dari (1) data managing, (2) reading and memoing, (3) describing, (4) classifying, (5) interpreting, (6) representing and visualizing. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian tentang implementasi lima nilai karakter di TK Kanisius Kotabaru Yogyakarta, menunjukkan bahwa: (1) Implementasi lima nilai karakter yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program semester, rencana kegiatan mingguan, dan rencana kegiatan harian. Pelaksanaan pembelajaran terintegrasi dengan lima nilai karakter yaitu kasih, disiplin, cerdas, berani, jujur, dan menerapkan metode pengimplementasian lima nilai karakter yaitu pembiasaan, keteladanan, pengkondisian lingkungan, cerita, karyawisata, dan kegiatan spontan. Kekhususan pembelajaran terdapat pada hari sabtu yang disebut dengan sabtu PIA (pendampingan iman anak) yang sengaja satu hari tersebut difokuskan untuk pengimplementasian lima nilai karakter. Evaluasi pembelajaran secara tercatat dilakukan setiap hari dengan fokus tiga anak berbeda setiap harinya dan setiap semester guru memberikan rapor sebagai hasil evaluasi satu semester. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengimplementasian lima nilai karakter yaitu dari guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi lima nilai karakter, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 12:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52831

Actions (login required)

View Item View Item