Evaluasi Program Pembelajaran Daily Routine di PAUD Binaan Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo

Windastuti, Maria Gabriela (2017) Evaluasi Program Pembelajaran Daily Routine di PAUD Binaan Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-gabriela-windastuti-15717251015.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: (1) efektivitas komponen konteks dalam mendukung pelaksanaan program pembelajaran daily routine, (2) kualitas komponen input dalam implementasi program pembelajaran daily routine, (3) efektivitas komponen proses dalam program pembelajaran daily routine, dan (4) hasil implementasi program pembelajaran daily routine terhadap aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model stufflebeam, yakni context – input – process – product (CIPP). Penelitian dilakukan di pendidikan anak usia dini binaan kecamatan aesesa kabupaten nagekeo. sumber data penelitian ini meliputi: 8 orang guru, 8 orang tua peserta didik, 10 orang peserta didik, 4 kepala sekolah, 1 orang pengawas, dan 1 orang fasilitator lembaga swadaya masyarakat plan. pengumpulan data menggunakan pedoman angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) efektivitas komponen konteks yang mendukung pelaksanaan program pembelajaran, (2) komponen input dalam implementasi program pembelajaran daily routine “sangat baik” (3) efektivitas komponen proses dalam program pembelajaran daily routine, dan (4) hasil yang baik terhadap implementasi program pembelajaran daily routine aspek perkembangan anak usia dini. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat dipertegas, khusunya untuk menggambarkan karakteristik data dengan rerata/mean, standar deviasi, skor maksimal digunakan kriteria rerata ideal (mi)= ½ (maksimum skor), dan standar deviasi ideal (sdi)= 1/6 (rentang skor skala), interval 1,5 simpangan baku.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program pembelajaran, daily routine, pendidikan anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 12:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52825

Actions (login required)

View Item View Item