ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DALAM BUKU TEKS/PELAJARAN BERDASAR KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN

Rahmawulan, Rieska Dies (2017) ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DALAM BUKU TEKS/PELAJARAN BERDASAR KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: konsep esensial dan konsep nonesensial yang terdapat di dalam materi sistem pernapasan dalam buku pelajaran IPA/Biologi berdasar Kurikulum 2013 yang banyak digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA; penambahan, pendalaman dan perluasan konsep pada materi sistem pernapasan manusia; dan kesinambungan konsep materi sistem pernapasan manusia dalam buku pelajaran IPA/Biologi yang banyak digunakan pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA berdasarkan kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif berupa analisis isi. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-April 2013 dengan mengambil lokasi di Kabupaten Sleman. Pemilihan buku menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat buku ditulis berdasar Kurikulum 2013 dan memuat materi sistem pernapasan manusia pada setiap jenjang pendidikan. Konsep materi sistem pernapasan manusia dianalisis oleh 3 orang panelis, yang telah diuji derajat kecocokannya menggunakan Uji Kanonik. Data dianalisis secara deskriptif. Kesinambungan konsep dapat dilihat melalui penambahan, perluasan, pengurangan, maupun hilangnya konsep pada materi sistem pernapasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep materi sistem pernapasan manusia mencakup konsep esensial dan konsep non esensial. Konsep sistem pernapasan dalam buku pelajaran pada setiap jenjang sebagian besar dinyatakan tidak berkesinambungan dengan persentase 64,05%. Buku pelajaran pada setiap jenjang mengalami perluasan, pendalaman, pengurangan, serta hilangnya konsep. Ketidaksinambungan konsep disebabkan banyaknya penambahan konsep baru yang terdapat di jenjang SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, Kesinambungan konsep, Kurikulum 2013, Sistem pernapasan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52822

Actions (login required)

View Item View Item