PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI PELUANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING

Zakia, Rosmawati and Bambang Sumarno, HM (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MATERI PELUANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 1 GAMPING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif untuk materi peluang kelas XI IPA SMA dan mendeskripsikan kelayakannya ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI dan 1 guru matematika di SMA Negeri 1 Gamping. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas media pembelajaran yang dikembangkan yaitu: (1) angket validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan, (2) angket respon guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan (3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Berdasarkan penilaian oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan guru. Diperoleh hasil media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan adalah valid dengan skor 2,94 dari skor maksimal 3, aspek kepraktisan adalah praktis dengan skor 3,95 dari skor maksimal 5, dan aspek keefektifan adalah efektif berdasarkan hasil tes belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 93,125% yang berarti sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, dan peluang
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52810

Actions (login required)

View Item View Item