ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PROTISTA KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2016/2017

Fitarahmawati, Fitarahmawati (2017) ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PROTISTA KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui ragam kesulitan belajar siswa MAN di Kabupaten Wonosobo pada materi Protista; (2)mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa MAN di Kabupaten Wonosobo pada materi Protista. Ragam kesulitan belajar yang dimaksud adalah jenis-jenis kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari letak kesulitan belajar berdasarkan indikator kompetensi dan tingkat berpikir kognitif, sedangkan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017 di MA Negeri di Kabupaten Wonosobo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di dua MA Negeri di Kabupaten Wonosobo dengan sampel penelitian sebanyak 66 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan tes materi Protista, pengisian angket siswa, wawancara guru, observasi sarana dan prasarana. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya kesulitan belajar siswa pada materi Protista. Ragam kesulitan belajar yang dialami siswa terutama pada indikator kompetensi “memahami cara reproduksi Protista” dan pada tingkatan berpikir kognitif C4 (menganalisis). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Protista terutama disebabkan oleh faktor kurikulum yang tidak menggunakan pembelajaran yang menggunakan objek asli Protista dan faktor sarana prasarana yang belum mendukung adanya pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, Protista, raga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52809

Actions (login required)

View Item View Item