PENGARUH LATIHAN PERMAINAN TARGET TERHADAP KETEPATAN SHOOTING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PEMAIN FUTSAL SFC PLANET SLEMAN

Imastra Wardana, Jupri Edho (2017) PENGARUH LATIHAN PERMAINAN TARGET TERHADAP KETEPATAN SHOOTING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PEMAIN FUTSAL SFC PLANET SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Jupri Edho Imastra Wardana_13603141019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena para pemain Sleman Futsal klub (SFC Planet) dinilai kurang antusias dan kurang tertarik dengan metode latihan yang diberikan oleh Pelatih, sehingga proses latihan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan target terhadap ketepatan shooting menggunkan kaki bagian dalam pemain futsal SFC Planet Sleman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan Nonquivalent Control Grup Design. Penelitian ini tedapat dua kelompok yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok ekperimen diberi perlakuan (treatmet) metode latihan permainan target dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan peneliti sebnyak 12 kali pertemuan dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu selama 4 minggu atau 1 bulan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunkan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini masuk semua dikarenakan sampel hanya 20 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes ketepatan shooting menggunkan kaki bagian dalam ke sasaran pada lapangan permainan futsal. Analisa data menggunakan uji t (paired sample t test) pada taraf signifikasi 0,05. Dari penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan (treatment) metode latihan permainan target terhadap ketepatan shooting menggunkan kaki bagian dalam pemain futsal SFC Planet Sleman, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan (treatment). Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil nilai t hitung (6.500) > t table (1.833), sedangkan pada kelompok kontrol nilai t hitung (0.921) < t tabel (1.833).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan permainan target, ketepatan shooting.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52804

Actions (login required)

View Item View Item