ANALISIS POLA DISTRIBUSI SPASIAL INDUSTRI KECIL DAN RUMAH TANGGA (IKRT) DI KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN BERBANTUAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Yulia Mili Rizki, Yulia Mili Rizki and Dyah Respati Suryo Sumunar, Dra., M. Si. (2017) ANALISIS POLA DISTRIBUSI SPASIAL INDUSTRI KECIL DAN RUMAH TANGGA (IKRT) DI KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN BERBANTUAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
TAS HALAMAN DEPAN 13405241059.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI 13405241059.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E-Jurnal 13405241059.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 13405241059.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 13405241059.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 13405241059.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik industri kecil dan rumah tangga yang terdapat di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman; 2) Menentukan pola distribusi spasial kelompok industri kecil dan rumah tangga unggulan di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman; dan 3) Menentukan pemetaan distribusi kelompok industri kecil dan rumah tangga unggulan di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan berbantuan Sistem Informasi Geografis. Populasi dalam penelitian ini seluruh unit industri kecil dan rumah tangga di Kecamatan Godean. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 1) observasi untuk memperoleh data sebaran industri kecil dan rumah tangga berupa titik-titik koordinat; dan 2) dokumentasi untuk memperoleh data karakteristik industri kecil dan rumah tangga yang didapatkan dari dinas-dinas terkait. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, average nearest neighbor analysis, dan Location Quotient (LQ) analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat 32 jenis kelompok industri yang beraneka ragam, rata-rata jumlah tenaga kerja yang terserap di setiap unit industri 1-9 orang, nilai investasi terbesar dihasilkan oleh kelompok industri genteng dari tanah liat/keramik dan terkecil dihasilkan oleh kelompok industri tempe kedelai, nilai produksi terbesar dihasilkan oleh kelompok industri genteng dari tanah liat/keramik dan terkecil dihasilkan oleh kelompok industri pakaian jadi (konveksi) dari tekstil, hasil penjualan terbesar diperoleh dari kelompok industri genteng dari tanah liat/keramik dan hasil penjualan terkecil diperoleh dari kelompok industri pakaian jadi (konveksi) dari tekstil; 2) Pola distribusi spasial industri kecil dan rumah tangga berdasarkan average nearest neighbor analysis termasuk ketagori pola mengelompok; dan 3) Industri kecil dan rumah tangga unggulan berdasarkan Location Quotient (LQ) Analysis tersebar di seluruh desa dengan jenis kelompok industri yang berbeda-beda. Kata Kunci: Pola Distribusi Spasial, Industri Kecil dan Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52802

Actions (login required)

View Item View Item