EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SANDEN, YOGYAKARTA

Arismawati, Umi and Widjayanti, Djamilah Bondan (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SANDEN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
Halaman Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta dan (2) apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode 1) One-Shot Case Study, untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa dan 2) One-Group Pretest-Posttest Design, untuk memperoleh data mengenai kepercayaan diri siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Dari enam kelas diambil secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket kepercayaan diri siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test, paired sample t-test, dan uji proporsi satu sampel. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Learning pada materi segiempat tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta dan (2) Model pembelajaran Problem Based Learning pada materi segiempat efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PBL, pemecahan masalah, kepercayaan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52797

Actions (login required)

View Item View Item