Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul.

Nurningsih, Dwinda (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwinda-nurningsih-15725251004.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas dan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA semester 2 di SMA N 1 Sewon, Bantul berdasarkan penilaian tim ahli, guru dan siswa, dan (2) pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi sistem pencernaan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA semester 2 di SMA N 1 Sewon, Bantul. Prosedur pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model Design and Deveopment Research (DDR) oleh Peffer et al. (2008, pg 12-15). Tahapan dalam penelitian pengembangan yang dilakukan terdiri dari: (1) Identifying the Problem, (2) Describing the Object, (3) Design and Development Product, (4) Testing the Product, (5) Evaluating Product, dan (6) Comunicating the Testing Results. Subjek uji coba terbatas sebanyak 20 orang siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperiment terdiri dari 31 orang siswa kelas XI IPA 4 dan subjek uji coba lapangan pada kelas kontrol sebanyak 35 orang siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Data penelitian dihimpun menggunakan pedoman wawancara guru dan siswa serta quisioner pada tahap observasi. Pada tahap penelitian instrument pengumpulan data terdiri dari angket penilaian media oleh ahli media, ahli materi, guru dan teman sejawat; lembar respon media oleh siswa; anket minat belajar biologi dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA dan independent sample t-test dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif biologi yang dikembangkan ditinjau dari aspek media memperoleh kategori “sangat baik” dan dari aspek materi memperoleh kategori “baik”. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, media pembelajaran interaktif biologi secara signifikan meningkatkan minat belajar biologi siswa dengan p hitung sebesar 0.001<0,05 dan juga meningkatkan hasil belajar siswa dengan p hitung sebesar 0,029<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang digunakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran biologi materi sistem pencernaan makanan manusia serta dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif biologi, sistem pencernaan makanan manusia, minat, hasil belajar kognitif.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:43
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52796

Actions (login required)

View Item View Item