EKSPRESI KEGEMBIRAAN ANAK DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELOMPOK B TK ABA JOGOKARYAN, KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA

Putri Fajrin, Noerizka (2017) EKSPRESI KEGEMBIRAAN ANAK DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELOMPOK B TK ABA JOGOKARYAN, KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Noerizka Putri Fajrin_13111244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan anak akan menfasilitasi perkembangan berbagai potensi dan kemampuan anak secara optimal serta munculnya ekspresi emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra di kelompok B TK ABA Jogokaryan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak TK kelompok B TK ABA Jogokaryan. Objek penelitian ini adalah ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra di kelompok B TK ABA Jogokaryan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra kelompok B TK ABA Jogokaryan terlihat pada 37 kegiatan. Ekspresi kegembiraan anak paling banyak terlihat yaitu di sentra budaya dan kreativitas 2. Kegiatan yang sangat sering munculnya ekspresi kegembiraan yaitu saat mengerjakan kegiatan main. Faktor penyebab munculnya ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra yaitu pemberian kebebasan kepada anak untuk memilih kegiatan mainnya sendiri, kegiatan berpusat pada anak, kesepakatan main yang dilakukan diawal sebelum kegiatan berlangsung, variasi kegiatan main, perlakuan guru saat mendengarkan anak bercerita, dan adanya kesempatan anak untuk cerita pagi dan recalling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekspresi kegembiraan, model pembelajaran sentra, TK kelompok B
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Sep 2017 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52795

Actions (login required)

View Item View Item