Muhamad, Fitryadin (2017) EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BERSTANDAR ISO 9001:2008 DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
MUHAMAD FITRYADIN NIM. 09501241025.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 2) Mengetahui faktorfaktor pendukung dalam penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 3) Mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penerapan sistem pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 4) Mengetahui upaya dalam pemecahan masalah untuk mengatasi hambatan penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode evaluasi model Stake yaitu Countenance Evaluation Model. Subyek penelitian ini adalah seluruh kepala program keahlian dan guru mata pelajaran praktik di SMKN 3 Yogyakarta berjumlah 65 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta dengan Countenance Evaluation Model ditinjau dari aspek antencendent termasuk dalam kategori sangat sesuai (98,5%). Aspek transaction termasuk dalam kategori sesuai (95,4%). Aspek outcomes termasuk dalam kategori sesuai (95,4%). 2) Faktor pendukung penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta adalah sebanyak 90% guru memiliki pendidikan minimal S1 dan telah memiliki sertifikasi pendidik, jumlah rasio antara guru dan siswa terpenuhi, adanya pedoman mutu sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 SMK Negeri 3 Yogyakarta. 3) Faktor penghambat penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta adalah sarana prasarana yang belum ideal, kurangnya sosialisasi dan pemahaman guru tentang ISO, kurang solidnya antara pimpinan sekolah dan guru, kebijakan pemerintah yang berubahubah dan perkembangan DU/DI yang lebih cepat dari perkembangan sekolah. 4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan adalah melakukan perbaikan secara berkelanjutan melalui evaluasi kerja dengan DU/DI dan wali murid serta audit setiap tahun, melakukan sosialisasi ISO secara menyeluruh kepada warga sekolah, mengikuti diklat mengenai sistem manajemen mutu ISO dan meningkatkan kekompakan antara pimpinan sekolah dengan guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, pembelajaran praktik, ISO |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 02:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |