Muhamad, Fitryadin (2017) EVALUASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BERSTANDAR ISO 9001:2008 DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
MUHAMAD FITRYADIN NIM. 09501241025.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 2) Mengetahui faktorfaktor pendukung dalam penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 3) Mengetahui faktor-faktor penghambat dalam penerapan sistem pembelajaran praktik berstandar ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. 4) Mengetahui upaya dalam pemecahan masalah untuk mengatasi hambatan penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode evaluasi model Stake yaitu Countenance Evaluation Model. Subyek penelitian ini adalah seluruh kepala program keahlian dan guru mata pelajaran praktik di SMKN 3 Yogyakarta berjumlah 65 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta dengan Countenance Evaluation Model ditinjau dari aspek antencendent termasuk dalam kategori sangat sesuai (98,5%). Aspek transaction termasuk dalam kategori sesuai (95,4%). Aspek outcomes termasuk dalam kategori sesuai (95,4%). 2) Faktor pendukung penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta adalah sebanyak 90% guru memiliki pendidikan minimal S1 dan telah memiliki sertifikasi pendidik, jumlah rasio antara guru dan siswa terpenuhi, adanya pedoman mutu sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 SMK Negeri 3 Yogyakarta. 3) Faktor penghambat penerapan pembelajaran praktik berstandar ISO 9001:2008 di SMK N 3 Yogyakarta adalah sarana prasarana yang belum ideal, kurangnya sosialisasi dan pemahaman guru tentang ISO, kurang solidnya antara pimpinan sekolah dan guru, kebijakan pemerintah yang berubahubah dan perkembangan DU/DI yang lebih cepat dari perkembangan sekolah. 4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan adalah melakukan perbaikan secara berkelanjutan melalui evaluasi kerja dengan DU/DI dan wali murid serta audit setiap tahun, melakukan sosialisasi ISO secara menyeluruh kepada warga sekolah, mengikuti diklat mengenai sistem manajemen mutu ISO dan meningkatkan kekompakan antara pimpinan sekolah dengan guru.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | evaluasi, pembelajaran praktik, ISO |
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Perpustakaan FT |
| Date Deposited: | 18 Sep 2017 02:07 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 15:08 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
