STUDI KASUS PERILAKU AGRESIF ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Reza, Ainun Asyifa (2017) STUDI KASUS PERILAKU AGRESIF ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Reza Ainun Asyifa_12103244008.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Perilaku agresif masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi hubungan intrapersonal dan interpersonal di SLB N Pembina Yogyakarta. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk perilaku agresif, factor penyebabnya dan dampak dari perilaku agresif yang dilakukan anak tunagrahita kategori sedang. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian studi kasus. Pemilihan subjek adalah single subjek yang merupakan anak tunagrahita kategori sedang, bersekolah di SLB N Pembina Yogyakarta dan mempunyai kecenderungan perilaku agresif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada subjek dapat diketahui: (1) Faktor penyebab (antecendent) internal dan eksternal, subjek memiliki factor penyebab internal yang dominan berdasarkan latar belakang keluarga sedangkan faktor eksternal yang dominan karena lingkungan sekitar rumah subjek. Subjek AAN yang kurang mendapatkan kasih sayang oleh ayahnya karena kesibukannya, mendapatkan contoh buruk dari ayahnya dan tidak diterima di lingkungan rumahnya. (2) Identifikasi bentuk(behavior) perilaku agresif meliputi bentuk verbal dan non verbal dengan frekuensi sering dan intensitas berat. Subjek AAN yang sering mengganggu teman satu kelasnya dalam bentuk verbal maupun non verbal. (3) Dampak (consequence) setelah melakukan perilaku agresif meliputi dampak bagi diri sendiri dan lingkungan. Subjek memiliki dampak bagi diri sendiri yaitu kepuasan pribadi dan dampak kepada lingkungan subjek, subjek AAN yang tidak memiliki teman, sering mendapatkan hukuman dan teguran oleh guru kelas, dikucilkan oleh lingkungan rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 15:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52776

Actions (login required)

View Item View Item