PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Agustina, Mety Andriyan (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
METY ANDRIYAN AGUSTINA_13803241061.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, (2) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, (3) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 112 siswa. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Pengujian prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y = 0,377; r2x1y = 0,142; (2) Terdapat pengaruh positif Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx2y = 0,636; r2x2y = 0,404; (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Ryx1x2 = 0,666; R2yx1x2 = 0,444; sumbangan efektif varibel Motivasi Belajar 8,28% dan variabel Kompetensi Guru 36,12%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa; Kompetensi Guru; Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52770

Actions (login required)

View Item View Item