Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Rosyad, Ali Miftakhu (2017) Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ali-miftakhu-rosyad-15705251029.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS; (2) peran kultur sekolah dalam pendidikan karakter; dan (3) aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu, dan subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru IPS, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teknik (observasi, wawancara, dokumentasi) pencocokan teori dan praktek. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pada proses perencanaan pembelajaran yang tercantum dalam RPP dan silabus, guru merancang dan memfasilitasi nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan melalui proses belajar-mengajar yang meliputi disiplin, demokrasi, religius, kerja sama, peduli sosial, rasa hormat, jujur, dan tanggung jawab. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru mengaktualisasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan dan metode yang komprehensif. Penilaian pembelajaran bertujuan untuk mengetahui kompetensi sikap yang telah dikuasai siswa pada aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS yang meliputi kognisi, afeksi, dan konasi dengan menggunakan rubrik penilaian dan tidak lanjut; (2) Peran kultur sekolah adalah sebagai pondasi proses sosialisasi, internalisasi dan aktualisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS yang tercermin dalam tiga aspek pokok yaitu persepsi mengenai suasana sekolah, perilaku murid, dan kepemimpinan kepala sekolah; dan (3) aktualisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS menunjukan bahwa: (a) aktualisasi penddikan karakter dalam proses pendidikan dilakukan dengan keteladanan, menegur, memberi tahu, memberi sangsi, dan memberi tugas; dan (b) Nilai-nilai karakter yang telah diaktualisasikan dengan baik dalam perilaku sehari-hari siswa di SMP Negeri 2 Juntinyuat Kabupaten Indramayu adalah nilai demokrasi, religius, kerja sama, peduli sosial, rasa hormat, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kultur sekolah, dan pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:44
Last Modified: 09 May 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52767

Actions (login required)

View Item View Item