PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “M-PIPED” UNTUK PENGETAHUAN EMOSI DIRI PADA ANAK TK KELOMPOK B

Arum, Sari (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “M-PIPED” UNTUK PENGETAHUAN EMOSI DIRI PADA ANAK TK KELOMPOK B. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Arum Sari_13111241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “M-PIPED” yang layak untuk pengetahuan emosi diri anak TK Kelompok B. Kelayakan multimedia pembelajaran dalam hal ini ditinjau dari aspek edukatif, aspek estetika, dan aspek teknis. Pengembangan multimedia pembelajaran ini dilatarbelakangi karena guru belum memiliki media yang cocok dan menarik untuk mengajarkan materi pengetahuan emosi diri pada anak TK Kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak Kelompok B2 TK ABA Gedong Kiwo, Mantrijeron, Yogyakarta yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,65 dengan kriteria sangat baik dan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,55 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian pada uji coba produk oleh guru memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat layak dan penilaian oleh anak memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan multimedia “M-PIPED” sangat layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran interaktif untuk pengetahuan emosi anak TK Kelompok B. Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif M-PIPED, pengetahuan emosi diri, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 11 Sep 2017 05:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52765

Actions (login required)

View Item View Item