PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BESERTA INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER 2 SMA/MA

SAPUTRI, DEBY AYUDIYA (2017) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BESERTA INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER 2 SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Bab 1 Deby Ayudiya.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk praktikum kimia beserta instrumen penilaian aspek psikomotorik untuk praktikum kimia kelas XI semester 2 SMA/MA dan menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Tahap implementasi tidak dilakukan, sehingga terdapat empat tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Produk awal buku petunjuk praktikum kimia dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan peer reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk hasil revisi I kemudian dinilai oleh lima guru kimia SMA sebagai reviewer. Hasil penilaian dari reviewer kemudian dianalisis dan dilakukan revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan oleh reviewer sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku petunjuk praktikum kimia beserta instrumen penilaian aspek psikomotorik untuk praktikum kimia kelas XI semester 2 SMA/MA. Kualitas buku petunjuk praktikum kimia ditentukan berdasarkan penilaian lima reviewer. Berdasarkan hasil penilaian reviewer, diperoleh skor rata-rata sebesar 74,6 dari skor maksimal 85 dengan persentase keidealan 87,76%, sehingga kualitas buku petunjuk praktikum kimia ini termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, buku petunjuk praktikum kimia layak digunakan sebagai sumber pembelajaran praktikum dan penilaian aspek psikomotorik bagi guru untuk peserta didik kelas XI SMA/MA semester 2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Sep 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52748

Actions (login required)

View Item View Item