PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Nuryanto, Ikhwan (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 tas ikhwan nuryanto (13303241050).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menentukan komponen struktur media pembelajaran interaktif materi struktur atom untuk peserta didik SMA/MA kelas X dan (2) menentukan kualitas media pembelajaran interaktif materi struktur atom untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran (mixed method research) dengan desain eksploratoris sekuensial (exploratory sequential mixed methods design) dan model pengembangan instrumen (instrument development model). Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap kualitatif, pengembangan, kuantitatif, dan interpretasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner checklist untuk memperoleh data skor penilaian kualitas produk yang terdiri dari empat aspek penilaian dan 34 indikator. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif untuk materi struktur atom. Adapun komponen struktur media tersebut terdiri dari enam menu utama, yaitu (1) halaman utama, (2) cara penggunaan, (3) KI dan KD, (4) materi, (5) evaluasi, dan (6) informasi pengembang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, media pembelajaran interaktif yang dihasilkan memiliki kualitas dengan kategori Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata keseluruhan aspek penilaian sebesar 148,6 dengan skor maksimal 170.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Sep 2017 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52747

Actions (login required)

View Item View Item