EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Septika, Rizki Mawarni (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pengetahuan bahan tekstil di SMK Negeri 3 Klaten yang difokuskan pada ; 1) context meliputi kesesuaian materi dengan kurikulum 2013, 2) input meliputi kesiapan guru dan siswa serta sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran, 3) process meliputi pelaksanaan pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti dan penutup, 4) product meliputi pencapaian hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh stufflebeam. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran tekstil dan siswa kelas X busana butik yang mengikuti pelaksanaan pembelajaran tekstil. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dokumen hasil dan wawancara.validitas instrumen dibuktikan dengan validitas kunstruk dengan menggunakan taraf signifikansi 5%.Sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan data reliabel dengan nilai alpha 0,930 menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) context meliputi materi pembelajaran pengetahuan bahan tekstil yang diajarkan dan tujuan pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum 2013 SMK, 2)input meliputi kesiapan guru dan siswa sudah sangat baik serta sarana yang digunakan sudah sangat memadai, 3) process meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik meskipun masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran. 4) product meliputi pencapaian hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek afekti, kognitif dan psikomotorik sudah mencapai KKM yaitu 70.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaksanaan pembelajaran, pengetahuan bahan tekstil
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52744

Actions (login required)

View Item View Item