PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Rohyatun, Rina and Astono, Juli (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPISI FULL.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model think-pair-share yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran pokok bahasan Momentum-Impuls, dan (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran dalam setting think-pair-share. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Pengasih. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon peserta didik dan guru serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, 3) soal kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Aspek kevalidan ditunjukkan dari perolehan hasil penilaian perangkat pembelajaran yang masuk dalam klasifikasi sangat baik. Aspek kepraktisan yang diperoleh dari respon peserta didik masuk klasifikasi baik, respon guru masuk klasifikasi sangat baik, dan persentase keterlaksanaan proses pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat baik. Aspek keefektifan ditunjukkan dari nilai standard gain dari masing-masing aspek keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil pretest-posstest peserta didik yaitu lebih dari nilai acuan 0,30 dan keempat aspek tersebut masuk klasifikasi sedang. (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) meningkat dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Think-Pair Share, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52743

Actions (login required)

View Item View Item