PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA “BIG BOOK” SISWA KELAS II SD NEGERI JETAK KALIAGUNG SENTOLO KULON PROGO

Pratiwi, Yurike Sofyaning (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA “BIG BOOK” SISWA KELAS II SD NEGERI JETAK KALIAGUNG SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yurike Sofyaning Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book siswa kelas II SD Negeri Jetak Kaliagung Sentolo Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Jetak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari plan, act and observe, dan reflect. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menujukkan bahwa melalui media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Jetak Kaliagung Sentolo Kulon Progo dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa kurang bersemangat dan hanya diam saat pelajaran berlangsung. Pada siklus I, beberapa siswa masih enggan mengacungkan tangan ketika guru memberikan pertanyaan. Pada siklus II, siswa mulai berani maju membacakan Big Book di depan kelas. Dilihat dari hasil, nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pratindakan 69,33 meningkat menjadi 72,79 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,50. Presentase nilai rata-rata mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata siswa 58,33%, pada siklus I 66,67% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52741

Actions (login required)

View Item View Item