KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF-JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Nurhidhayanti, Thety (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF-JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Thety Nurhidhayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif-jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sendangadi 1 Mlati Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas lima SDN Sendangadi 1 yang berjumlah 60 siswa, dengan objek penelitian hasil belajar kognitif IPS kelas lima. Teknik pengumpulan data mengunakan tes objektif dengan bentuk pilihan ganda dan observasi, sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan banwa dengan menggunakan pembelajaran jigsaw mempengaruhi hasil belajar IPS siwa kelas lima SDN Sendangadi 1. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya kenaikan 35,21 % dari nilai pretest. Rata-rata nilai pretest yaitu 53,56, sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 72,41. Selisih antara rata-rata nilai pretest dengan rata-rata nilai posttest adalah 18,86. Maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif-jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kelas V. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif-Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2017 04:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52738

Actions (login required)

View Item View Item